Minggu, 19 Agustus 2018

Catatan di Ulang Tahun #1

  • Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  • Kamis, 14 Juni 2018

Ulang Tahun dan Idul Fitri 1439 H

Pada 14 Juni 2018, Asosiasi Cloud Computing Indonesia yang disingkat ACCI genap berumur 1 tahun dimana tepat 1 tahun lalu Asosiasi ini berdiri lewat akta pendirian nomer 61 tanggal 14 Juni 2017 yang dibuat oleh Notaris Dini Lastari Siburian, SH dan mendapatkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan nomer AHU-0009677.AH.01.07.Tahun 2017 pada 16 Juni 2017. Badan hukum ACCI memang baru berumur 1 tahun, tapi cikal bakal Asosiasi ini sudah dimulai sejak 23 April 2012 pada saat Komunitas Cloud Computing Indonesia berdiri.

Masih cukup banyak kekurangan yang kami rasakan sebagai Asosiasi yang masih baru, ibarat bayi yang baru berumur 1 tahun yang masih jatuh bangun untuk belajar berdiri. Walaupun demikian, kami yakin dengan dukungan anggota ACCI dan semua pihak yang selama ini telah mendukung kami, ACCI akan bisa segera berdiri, berjalan dan berlari. Berikut beberapa pencapaian ACCI sebagai milestone pertama:

  1. Membership
    Sampai dengan 14 Juni 2018, anggota ACCI terdiri dari 12 Cloud Service Provider, 3 Perusahaan, 8 Lembaga Pendidikan, 88 Profesional dan 15 Pelajar.
  2. Kerjasama
    Sampai dengan 14 Juni 2018, ACCI sudah mempunyai kerjasama dengan APTIKOM, LSP Informatika, Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, STMIK AKAKOM, Institut Teknologi Indonesia, Universitas Kristen Duta Wacana dan Universitas AMIKOM Yogyakarta.
  3. Kegiatan
    Sampai dengan 14 Juni 2018, cukup banyak kegiatan yang sudah dilakukan, baik berupa kegiatan yang diadakan oleh ACCI, kegiatan yang didukung oleh ACCI dan kegiatan dari undangan pemerintah ataupun asosiasi / organisasi lainnya. Kegiatan yang mungkin perlu untuk di highlight adalah Tanggapan Atas Rencana Perubahan PP 82/2012 yang kami rumuskan bersama dengan para Cloud Service Provider anggota ACCI untuk disampaikan ke pemerintah.
  4. Social Media 
    Sampai dengan 14 Juni 2018, saat ini ACCI mempunyai 7.654 anggota di Facebook Group Indonesia Cloud Computing, 3.480 followers di Facebook Page CloudIndonesiA dan 2.992 twitter followers pada akun @cloud_indonesia.

Masih banyak kegiatan lain yang perlu dilakukan untuk memperbaiki ekosistem industri Cloud Computing di Indonesia, dimana kami gambarkan ekosistem tersebut melalui gambar dibawah ini. 

Ekosistem ACCI

Gambar diatas merupakan ekosistem yang coba kami bangun dan juga capaian sampai saat ini untuk mewujudkan visi tersebut. Ini selaras dengan filosofi dari logo ACCI dimana warna biru menggambarkan hubungan dengan pemerintah dengan harapan pemerintah bisa menjadi pengayom dan mendukung industri dengan membuat regulasi yang baik. Warna hijau menggambarkan hubungan dengan lembaga pendidikan dengan harapan ACCI bisa membantu lembaga pendidikan dalam materi / kegiatan pembelajaran sehingga lembaga pendidikan bisa menghasilkan SDM TIK yang siap bekerja di industri. Warna merah yang menggambarkan hubungan dengan industri dengan harapan ACCI bisa membantu industri TIK khususnya di bidang Cloud Computing baik dari penyedia layanan ataupun pemakai layanan untuk bisa terus bertumbuh.

Dari review kegiatan yang telah dilakukan selama setahun, kami menyadari kuantitas dan kualitas SDM TIK di Indonesia khususnya di bidang Cloud Computing perlu menjadi perhatian lebih. Industri akan bisa terus bertumbuh dan berinovasi apabila SDM cukup dengan kemampuan yang memadai, untuk itu kami membuat 3 program prioritas terkait dengan hal ini, yaitu: 

  1. Cloud Computing Academy
    Merupakan tempat pelatihan / training yang fokus di teknologi Cloud Computing dan teknologi terkait lainnya. Program ini juga bekerjasama dengan lembaga pendidikan untuk membuat lembaga training di kampus masing-masing. Harapan dari program ini adalah semakin banyak orang yang paham dan siap bekerja di industri Cloud Computing. 
  2. Program Internship / Magang
    Merupakan program penempatan magang di berbagai perusahaan anggota ACCI. Harapan dari program ini, para pelajar akan mendapatkan kuliah lapangan langsung dari industri. Saat ini kami sedang menjalin kerjasama dengan beberapa kampus anggota ACCI untuk memperbolehkan magang minimal 6 bulan. Harapannya perusahaan tempat magang juga diuntungkan karena selama 6 bulan bisa menilai para peserta magang, dan apabila ada yang mempunyai kualifikasi cukup bisa langsung dijadikan karyawan.
  3. Pesantren Programmer 
    Merupakan program pengabdian masyarakat yang  bekerjasama dengan Pesantren untuk mendidik para santri belajar programming. Hal ini penting untuk coba kami lakukan karena kami melihat potensi jumlah santri di Indonesia yang cukup besar, selain juga untuk membantu siswa/i yang sudah lulus SMU/SMK tapi tidak mampu melanjutkan sekolah. 

Selain kualitas SDM, kami juga membuat program prioritas untuk meningkatkan / menumbuhkan industri Cloud Computing, beberapa program tersebut adalah:

  1. Indonesia Cloud Computing Awards 
    Adalah program untuk memberikan apresiasi kepada institusi yang sudah menggunakan layanan Cloud Computing dan juga institusi yang melakukan inovasi dengan menggunakan layanan Cloud Computing.
  2. Digitech - Expo, Conference and Awarding
    Acara ini rencananya akan diadakan di bulan November 2018, dimana akan ada kegiatan Expo, Conference dan penyerahan award dari program Indonesia Cloud Computing Awards.

Untuk mulai menumbuhkan dan meningkatkan inovasi kami percaya bahwa sangat penting untuk mulai melatih hal ini sedini mungkin, untuk itu kami membuat program Startup Incubator yang merupakan program incubator yang kami fokuskan untuk melatih mahasiswa/i untuk melakukan inovasi. Kami bekerjasama dengan lembaga pendidikan untuk membuat Startup Incubator di kampus masing-masing.

Kami percaya bukan pekerjaan mudah untuk memperbaiki ekosistem Cloud Computing di Indonesia, pekerjaan ini perlu dilakukan bersama dengan para pemangku kepentingan sehingga ekosistem yang ada bisa saling mendukung dan menguatkan satu sama lain. Untuk itu mari kita Berkarya Bersama Membangun Bangsa.

  • Author: Asosiasi Cloud Computing Indonesia

Acara Terbaru

Singapore Fintech Festival 2018

  • Nov 12, 2018
  • Singapore

Indonesia Security Summit 2018

  • Sep 04, 2018
  • DKI Jakarta

RSAConference 2018

  • Jul 25, 2018
  • Singapore

Twitter