Kamis, 21 September 2017

ACCI yang mempunyai kepanjangan Asosiasi Cloud Computing Indonesia adalah sebuah organisasi non-profit yang  diharapkan akan mampu menselaraskan perkembangan teknologi Cloud Computing serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan industri dan atau meningkatkan kewirausahaan di bidang teknologi informasi. 

Sejarah

Tanggal 23 April 2012 Alex Budiyanto mendirikan Komunitas Cloud Computing Indonesia yang diberi nama CloudIndonesiA mempunyai alamat web di http://www.cloudindonesia.or.id/. Selama 5 tahun lebih CloudIndonesiA belum mempunyai badan hukum, dan  pada tanggal 14 Juni 2017, Komunitas Cloud Computing Indonesia resmi mempunyai badan hukum dengan nama Asosiasi Cloud Computing Indonesia disingkat ACCI yang berdiri lewat akta pendirian nomer 61 tanggal 14 Juni 2017 yang dibuat oleh Notaris Dini Lastari Siburian, SH. Pendiri ACCI ini terdiri dari 21 orang yaitu:

  1. Alex Budiyanto
  2. Soegiharto Santoso
  3. Fanky Christian
  4. Irwan Karim
  5. Agus Setiawan
  6. Hendri Karisma
  7. Taufik Hidayat
  8. Eryk Budi P
  9. Yasa Yap
  10. Dr. Ridi Ferdiana
  11. Harry Sufehmi
  12. I Made Wiryana
  13. Bagusalfa Sunggono
  14. Utian Ayuba
  15. Joshua M Sinambela
  16. Nur Aini Rakhmawati
  17. M. Akmalul Ulya
  18. Erick Kurniawan
  19. Findra Kartika Sari Dewi
  20. Kristiono Setyadi
  21. Andi Mulja Tanudiredja

Asosiasi Cloud Computing Indonesia telah mendapatkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 16 Juni 2017 berdasarkan permohonan Notaris Dini Lastari Siburian, SH yang sesuai dengan salinan akta nomer 61 tanggal 14 Juni 2017. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan nomer AHU-0009677.AH.01.07.Tahun 2017 ini, maka Asosiasi Cloud Computing Indonesia yang disingkat ACCI telah resmi mempunyai badan hukum dan berkedudukan di Jakarta.

Visi dan Misi

Asosiasi Cloud Computing Indonesia mempunyai visi untuk menjadi wadah yang mampu menselaraskan perkembangan teknologi Cloud Computing serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan industri dan atau meningkatkan kewirausahaan di bidang teknologi informasi.

Adapun misi Asosiasi Cloud Computing Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Membangun, memperkuat, mensosialisasikan, memperbaiki dan menselaraskan standar dalam perkembangan Cloud Computing / Komputasi Awan dan teknologi lain yang terkait.
  2. Meningkatkan kemampuan Sumber daya manusia dalam bidang Cloud Computing / Komputasi Awan dan teknologi lain yang terkait.
  3. Membina, mengembangkan dan menumbuhkan kewirausahaan dalam bidang teknologi informasi.
  4. Melakukan komunikasi dan sinergi antara dunia pendidikan, dunia industri dan pemerintah terkait dengan perkembangan Cloud Computing / Komputasi Awan dan teknologi lain yang terkait.

Sebagai kepengurusan awal Asosiasi Cloud Computing Indonesia telah ditetapkan:

  1. Ketua: Alex Budiyanto
  2. Sekretaris: Fanky Christian
  3. Bendahara: Taufik Hidayat


Selain kepengurusan, telah ditetapkan juga Dewan Pengawas sebagai berikut:

  1. Ketua: Soegiharto Santoso
  2. I Made Wiryana
  3. Harry Sufehmi 

Untuk kepengurusan lainnya dan juga badan/organ Asosiasi lain akan ditetapkan kemudian.

Twitter