Minggu, 16 Desember 2018

Seminar Cloud Computing: Infrastruktur Ekonomi Digital Indonesia @ UAJY

  • Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  • Rabu, 16 Mei 2018

Foto Bersama Setelah MoU dengan UAJY dan AKAKOM

ACCI, UAJY dan APTIKOM pada Selasa 15 Mei 2018, mengadakan acara seminar Infrastruktur Ekonomi Digital Indonesia bertempat di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Acara ini juga didukung oleh KOMINFO, Wantiknas, APTIKNAS, PANDI, APIC, APJII, MASTEL, tokopedia, dan seluruh cloud provider anggota ACCI serta telkomtelstra, cloudmatika dan lintasarta sebagai sponsor dalam acara tersebut.

Acara ini diselenggarakan untuk membuka wawasan mengenai teknologi Cloud Computing, dimana perkembangan Cloud Computing saat ini berlangsung sangat pesat sekali, secara global total market size Cloud Computing di 2018 diprediksi sebesar US $178 Milyar, dimana untuk pasar Indonesia sendiri diprediksi minimal sebesar Rp. 33 Trilyun. Perkembangan market Cloud Computing ini dipicu oleh banyaknya perusahaan yang mulai memindahkan infrastruktur IT mereka ke layanan Cloud Computing, seiring dengan meningkatnya kepercayaan perusahaan baik skala enterprise maupun UMKM / Startup terhadap layanan ini. Dengan semakin banyaknya perusahaan yang berpindah ke layanan Cloud Computing ini, maka layanan Cloud Computing akan menjadi infrastruktur vital untuk menggerakan ekonomi digital di Indonesia.

Acara seminar ini dibuka dengan keynote speech dari Bapak The Jin Ai, S.T., M.T., Dr.Eng selaku Wakil Rektor I Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang menekankan bagaimana adopsi Cloud Computing di lingkungan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Beliau mewakili Rektor UAJY yang berhalangan karena ada tugas ke luar negeri.

Keynote berikutnya adalah dari WANTIKNAS yang dibawakan oleh Bapak Garuda Sugardo anggota Pelaksana dari WANTIKNAS, beliau membawakan materi mengenai Implementasi Ekonomi Digital Indonesia yang salah satunya mengenai perkembangan Smart City di Indonesia. Dalam sesi tersebut beliau juga menyampaikan bagaimana Asosiasi Cloud Computing Indonesia, harus berperan aktif dalam membantu pelaksanaan PON 2020 di Papua.  

Sesi keynote berikutnya adalah dari APTIKOM yang dibawakan oleh Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D selaku Ketua Umum APTIKOM beliau membawakan materi mengenai Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Berbasis Cloud dimana dalam presentasinya beliau menyampaikan bagaimana menyiapkan SaaS untuk manajemen perguruan tinggi.

Sesi keynote terakhir adalah dari ACCI yang dibawakan oleh Alex Budiyanto selaku ketua Umum ACCI, beliau membawakan materi mengenai Berkarya Bersama Membangun Bangsa dimana dalam presentasinya, beliau menekankan bagaimana pentingnya sinergi bersama antara Pemerintah, Lembaga Pendidikan dan Industri untuk membangun dan memperbaiki kualitas SDM TIK di Indonesia.

Prof. Dr. Ir. Suhono H. Supangkat - Guru Besar ITB dan Penggiat Smart City di Indonesia memberikan sambutan lewat video dalam acara tersebut. Beliau tidak bisa hadir langsung dikarenakan harus menghadiri kegiatan sebagai komisaris PT Kereta Api Indonesia. Video tersebut bisa dilihat dibawah ini

Presentasi berikutnya adalah dari Jakarta Smart City, yang dibawakan oleh Bapak Setiaji yang merupakan Kepala Unit Pelaksana Jakarta Smart City. Beliau membawakan materi bagaimana pengalaman membangun layanan Jakarta Smart City dan bagaimana penggunaan layanan Cloud Computing untuk membantu sistem yang berjalan di Jakarta Smart City. 

Setelah presentasi selesai, acara dilanjutkan dengan diskusi panel sesi I, dimana WANTIKNAS, ACCI dan Jakarta Smart City sebagai narasumber dan Bapak Irya Wisnubhadra, S.T., M.T. menjadi moderator. Ada berbagai pertanyaan dan diskusi yang menarik dari para peserta dalam diskusi panel tersebut. Setelah sesi diskusi panel selesai, acara dilanjutkan dengan istirahat makan siang bersama. 

Diskusi Panel Sesi 2 - Cloud Provider

Setelah selesai makan siang dan istirahat, acara dilanjutkan dengan diskusi panel sesi 2, yang diikuti oleh para Cloud Provider anggota ACCI yaitu:

  • Agus F Abdillah (Chief Product & Synergi Officer - telkomtelstra) 
  • Ted Hilbert (CEO - Cloudmatika)
  • Gidion S Barus (General Manager - lintasarta)
  • Yos Vincenzo (Cloud and Enterprise Business Group Lead - Microsoft Indonesia)

dan Erick Kurniawan dari Universitas Kristen Duta Wacana menjadi moderator dalam sesi ini. Setelah masing-masing cloud provider selesai memberikan materi presentasi, acara dilanjutkan dengan tanya jawab. 

Sesi Diskusi Panel 3 - Best Practice

Acara sesi diskusi panel terakhir adalah menghadirkan para panelis sebagai berikut:

  • Leontinus A Edison (Vice Chairman - tokopedia) 
  • Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T. (Dosen & Peneliti - Universitas Gadjah Mada) 
  • Ir. A. Djoko Budiyanto SHR, M.Eng., Ph.D. (Dosen & Peneliti - Universitas Atma Jaya Yogyakarta) 

dan Bapak Hendro Gunawan, S.Si., M.T. dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta sebagai moderator dalam sesi ini. Setelah masing-masing panelis selesai memberikan materi presentasi, acara dilanjutkan dengan tanya jawab. 

Harapan hasil dari seminar ini bisa memperkaya wawasan peserta terkait dengan industri Cloud Computing sebagai infrastruktur Ekonomi Digital dan juga infrastruktur untuk industri 4.0, dan perlunya dunia pendidikan untuk menyiapkan SDM yang siap pakai untuk mendukung industri ini serta bagaimana peranan pemerintah untuk mendukung hal tersebut.

Sebagian dokumentasi foto dari acara tersebut, bisa dilihat di halaman ini, sedangkan untuk materi presentasi para pembicara bisa dilihat dan didownload lewat halaman berikut. Akhir kata, terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung berlangsungnya acara ini, sehingga acara ini bisa berlangsung dengan baik, dan sampai jumpa di acara kami berikutnya.

  • Author: Asosiasi Cloud Computing Indonesia

Acara Terbaru

Singapore Fintech Festival 2018

  • Nov 12, 2018
  • Singapore

Making Indonesia 4.0 Conference

  • Oct 24, 2018
  • DKI Jakarta

Microsoft Solution Warehouse 2018

  • Sep 25, 2018
  • DKI Jakarta

CIIP ID Summit 2018

  • Sep 19, 2018
  • Bali

Twitter