Kamis, 21 September 2017

Asosiasi Cloud Computing Indonesia yang disingkat dengan ACCI telah melangsungkan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pertama pada tanggal 12 Agustus 2017 bertempat di Graha Datacomm, Jakarta Selatan. Kegiatan ini merupakan Rapat Kerja Nasional yang pertama sejak ACCI berbadan hukum. Rakernas ini dihadiri oleh kurang lebih 30 orang pengurus  dan membahas serta merumuskan program kerja yang akan dilakukan selama setahun ke depan. 

Foto bersama para pengurus Asosiasi Cloud Computing Indonesia di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pertama

Kurang lebih pukul 13.30, acara dibuka, Dr. Ir. Eko Kuswardono Budiardjo, M.Sc. selaku dewan Pembina membuka acara sekaligus memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya standarisasi sumber daya manusia (SDM) terkait Cloud Computing, salah satunya adalah mengenai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Cloud Computing. Beliau berharap nantinya ACCI bisa berperan aktif dan menjadi penggerak dalam pelaksanaan standar tersebut. 

Bapak Soegiharto Santoso (Hoky) selaku Ketua Dewan Pengawas juga turut menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya tersebut, beliau mempunyai harapan  ACCI akan bisa menjadi wadah bagi berbagai pihak untuk berkolaborasi demi kemajuan TIK di Indonesia, khususnya terkait dengan Cloud Computing. Beliau juga berpesan agar ACCI bisa mempunyai pondasi dasar yang baik dan kuat supaya bisa berjalan dengan baik dan besar.

Alex Budiyanto selaku Ketua Umum dalam sambutannya menyampaikan harapan supaya ACCI bisa melakukan sinergi yang baik antara dunia pendidikan, dunia Industri dan juga pemerintah.  Beliau juga bercerita mengenai filosofi logo dari ACCI, beliau berkata, "Sinergi ini tercermin dari logo Asosiasi Cloud Computing Indonesia, dimana warna merah mewakili dunia Pendidikan, warna Hijau mewakili dunia Industri yang harapannya dengan adanya Cloud Computing, industri di Indonesia bisa lebih ramah lingkungan. Warna Biru mewakili warna langit diatas kita yang merupakan simbol pemerintah yang mengayomi dan mendukung dunia pendidikan dan dunia industri". Selain itu diceritakan pula sejarah ACCI yang  merupakan bentuk badan hukum dari Komunitas Cloud Computing Indonesia yang telah berdiri selama lebih dari 5 tahun lalu, tepatnya pada 23 April 2012

Dalam kegiatan Rakernas ini, ditegaskan kembali visi dan misi dari ACCI, dimana visi ACCI adalah untuk menjadi wadah yang mampu menselaraskan perkembangan teknologi Cloud Computing serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan industri dan atau meningkatkan kewirausahaan di bidang teknologi informasi. Selain itu dipaparkan pula bahwa misi ACCI adalah sebagai berikut:

  1. Membangun, memperkuat, mensosialisasikan, memperbaiki, dan menselaraskan standar dalam perkembangan cloud computing dan teknologi lain yang terkait.
  2. Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam bidang cloud computing dan teknologi lain yang terkait.
  3.  Membina, mengembangkan, dan menumbuhkan kewirausahaan dalam bidang teknologi informasi.
  4. Melakukan komunikasi dan sinergi antara dunia pendidikan, dunia industri dan pemerintah terkait dengan perkembangan cloud computing dan teknologi lain yang terkait.

Dalam Rakernas ini dilakukan juga pengukuhan Dewan Pembina yang diketuai oleh Bapak Alexander Rusli (CEO - PT. Indosat Tbk) dan juga pengukuhan bidang-bidang kepengurusan, dimana telah dibentuk 15 bidang yang struktur lengkapnya bisa dilihat pada halaman https://www.acci.or.id/pengurus

Setelah pengukuhan, Rakernas dilanjutkan dengan diskusi kelompok, dimana masing-masing bidang membicarakan mengenai program kerja yang akan dilakukan dalam waktu 1 tahun kedepan. Diskusi ini berlangsung sangat dinamis dan menarik, setiap orang berlomba-lomba menyampaikan ide masing-masing.  Diskusi kelompok ini berlangsung sampai istirahat untuk melaksanakan ibadah sholat magrib. 

Setelah istirahat sholat magrib dan makan malam, acara dilanjutkan dengan paparan dari masing-masing bidang yang kemudian dibahas bersama. Saat paparan ini, program-program kerja diuji bersama, mana program kerja yang kira-kira bisa berjalan ataupun perlu penajaman. Paparan program kerja berlangsung sampai pukul 20.00, yang kemudian acara Rakernas ditutup. Semoga program kerja yang telah disusun dapat berjalan dengan baik dan  diharapkan akan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan industri dan teknologi Cloud Computing di Indonesia.

 

  • Diterbitkan: Senin, 14 Agustus 2017
  • Penulis:Tim Media

Twitter