Jumat, 26 April 2024

Penandatanganan MoU dengan APTIKOM

  • Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  • Jumat, 23 Februari 2018

Keterangan Foto (Kiri – Kanan): Fanky Christian (Sekretaris Jenderal ACCI), Dr. Nina Kurnia Hikmawati, S.E., M.M. (Sekretaris Jenderal I Bid. Eksternal APTIKOM), Alex Budiyanto (Ketua Umum ACCI), Prof. Ir. Zainal A. Hasibuan, MLS, Ph.D (Ketua Umum APTIKOM), Soegiharto Santoso (Ketua Dewan Pengawas ACCI) dalam sesi bersama penandatangan MOU

Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) dan Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) berkeinginan untuk memberikan sumbangsih pemikiran dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang berkualitas. Untuk tujuan tersebut, telah dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) yang berlokasi di STMIK Nusa Mandiri, Pasar Minggu, Jakarta. Nota Kesepahaman tersebut mengatur kerjasama kedua asosiasi, terkait adopsi kurikulum Cloud Computing dan pelatihan Cloud Computing untuk perguruan tinggi anggota APTIKOM yang saat ini terdiri dari 850 (Delapan Ratus Lima Puluh) Kampus Informatika dan Komputer serta 1560 (Seribu Lima Ratus Enam Puluh) Program Studi.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilandasi oleh keinginan kedua belah pihak untuk saling membantu dan mendukung sesuai kemampuan, tugas dan fungsi masing-masing untuk berperan serta di dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pembangunan SDM dibidang ICT di Indonesia. Ruang lingkup kerjasama antara kedua pihak meliputi sosialisasi Cloud Computing, penyusunan kurikulum Cloud Computing, penyelenggaraan pelatihan, peningkatan kualitas proses dan output serta pengembangan lembaga pendidikan.

Ketua Umum APTIKOM, Prof. Ir. Zainal A. Hasibuan, MLS, Ph.D mengatakan, “Kami dari pihak perguruan tinggi yakin bahwa teknologi Cloud Computing akan berkembang dengan pesat, untuk itu perlu disusun skema untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berikut sertifikasinya sehingga sesuai dengan kebutuhan industri.

Sementara itu, Alex Budiyanto selaku Ketua Umum ACCI menyampaikan, "diperlukan inisiasi kerjasama antara dunia industri dengan dunia pendidikan untuk terus meningkatkan kompetensi SDM TIK, khususnya di bidang Cloud Computing, sehingga menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja di industri Cloud Computing".

Turut hadir pada acara penandatanganan tersebut Dr. Nina Kurnia Hikmawati, SE., MM Wakil Sekretaris Jenderal I Bidang External APTIKOM, Fanky Christian Sekretaris Jenderal ACCI dan Soegiharto Santoso Ketua Dewan Pengawas ACCI.

Dengan adanya kerjasama antara ACCI dan APTIKOM, diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara berbagai elemen untuk memajukan Indonesia melalui kegiatan peningkatan kualitas pendidikan dan pembangunan bangsa.

  • Author: Asosiasi Cloud Computing Indonesia

Acara Terbaru

Singapore Fintech Festival 2018

  • Nov 12, 2018
  • Singapore

Making Indonesia 4.0 Conference

  • Oct 24, 2018
  • DKI Jakarta

Microsoft Solution Warehouse 2018

  • Sep 25, 2018
  • DKI Jakarta

CIIP ID Summit 2018

  • Sep 19, 2018
  • Bali

Twitter