Minggu, 21 Oktober 2018

ACCI, UAI dan APTIKOM Gelar Seminar "Cloud Computing: Infrastruktur Ekonomi Digital Indonesia"

  • Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  • Senin, 16 April 2018

Seminar Cloud Computing: Infrastruktur Ekonomi Digital Indonesia

Perkembangan Cloud Computing berlangsung sangat pesat sekali, secara global total market size Cloud Computing di 2018 diprediksi sebesar US $178 Milyar, dimana untuk pasar Indonesia sendiri diprediksi minimal sebesar Rp. 33 Trilyun. Perkembangan market Cloud Computing ini dipicu oleh banyaknya perusahaan yang mulai memindahkan infrastruktur IT mereka ke layanan Cloud Computing, seiring dengan meningkatnya kepercayaan perusahaan baik skala enterprise maupun UMKM / Startup terhadap layanan ini. Dengan semakin banyaknya perusahaan yang berpindah ke layanan Cloud Computing ini, maka layanan Cloud Computing akan menjadi infrastruktur vital untuk menggerakan ekonomi digital di Indonesia.

Sejalan dengan perkembangan tersebut, Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI), bekerjasama dengan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM), mengadakan acara "Cloud Computing: Infrastruktur Ekonomi Digital Indonesia", yang telah diselenggarakan pada hari Selasa, 10 April 2018 pukul 09.00 - 17.00 WIB bertempat di Auditorium Arifin Panigoro, Universitas Al Azhar Indonesia.

ACCI, UAI dan APTIKOM memiliki visi yang sama untuk mengenalkan Cloud Computing ke dunia pendidikan, dan juga bagaimana mengembangkan SDM yang siap pakai di industri Cloud Computing. Acara ini juga didukung oleh KOMINFO, Wantiknas, APJII, ATSI, APTIKNAS, IDC, PT Pos Indonesia, KudoThe Jakarta Post dan seluruh cloud provider anggota ACCI serta telkomtelstra sebagai sponsor utama dalam acara tersebut.

Acara dibuka dengan pembacaan Ayat suci Al-Qur'an yang kemudian dilanjutkan dengan keynote speech dari Prof. Dr. Ir. Asep Saefudin, selaku Rektor Universitas Al Azhar Indonesia yang menekankan bagaimana perguruan tinggi bisa mengadopsi penggunaan Cloud Computing dan bagaimana menyiapkan SDM IT yang siap siap kerja di industri tersebut.

Keynote berikutnya merupakan keynote yang disusun oleh Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D selaku Ketua Umum APTIKOM yang kebetulan berhalangan karena ada tugas mendadak, yang kemudian diwakili oleh Husni Teja Sukmana. Ph.D mengenai Higher Education Institutions Cloud, dimana dalam keynote tersebut harapannya akan terbangun layanan cloud computing untuk membantu perguruan tinggi di Indonesia. 

Prof. Dr. Ir. Suhono H. Supangkat - Guru Besar ITB dan Penggiat Smart City di Indonesia memberikan sambutan lewat video dalam acara tersebut. Beliau tidak bisa hadir langsung dikarenakan harus menghadiri kegiatan sebagai komisaris PT Kereta Api Indonesia. Video tersebut bisa dilihat dibawah ini

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi Panel pertama dengan judul "Regulasi, Market, SDM dan Infrakstruktur Penunjang Cloud Computing" dengan para panelis: Azhar Hasyim (Direktur E- Bussines Kominfo), Mevira Munindra (County Head of Consulting IDC Indonesia), I Made Wiryana (Dosen & Peneliti Universitas Gunadharma), Merza Fachys (Ketua Umum ATSI), Jamalul Izza (Ketua Umum APJII) dan sebagai moderator Soegiharto Santoso (Ketua Umum APTIKNAS). Mengutip materi yang diberikan oleh Mevira Munindra bahwa 2018 adalah eranya Cloud Computing di Indonesia, banyak organisasi mulai berpindah untuk menggunakan layanan Cloud Computing, walau memang tidak akan secepat adopsi organisasi yang sejak awal menggunakan Cloud Computing yang dikenal dengan istilah "Cloud Native", dimana sebagai contoh Cloud Native ini adalah para startup unicorn di Indonesia yang memang sejak awal lahir sudah menggunakan Cloud Computing sebagai infrastruktur utamanya.

Diskusi Panel Sesi 1

Berlanjut ke sesi Diskusi Panel kedua mengenai “Layanan Cloud Computing Infrastuktur Ekonomi Digital” dengan para panelis: Nam Khong Siauw (Sr. Cloud Team Leader for Business Development & Strategy - Datacomm Cloud), Noerman Taufik (CEO - Indonesian Cloud), Muhammad Bahesti (CTO - dekstopIP), Tony Seno Hartono (National Technology Officer - Microsoft Indonesia) dan sebagai moderator Fanky Christian (Sekretaris Jendral - ACCI). Dalam sesi diskusi panel ini, masing-masing panelis mengenalkan kelebihan layanan Cloud Computing dari masing-masing perusahaannya yang bisa dipakai oleh masyarakat.

Diskusi Panel Sesi 2

Diskusi Panel sesi ketiga, mengenai "Cloud Computing Best Practice" dengan para panelis: Kristiono Setyadi (CTO - The Jakarta Post), Charles Sitorus (Directur IT - PT Pos Indonesia), Panji Gautama (CTO - Kudo), Denny Hermawan (Dosen & Peneliti Universitas Al Azhar Indonesia) dan sebagai moderator Totok Sediyantoro (Head of Government Relation - ACCI). Dalam sesi diskusi panel ini, para panelis menyampaikan pengalaman mereka menggunakan Cloud Computing di organisasinya masing-masing.

Diskusi Panel Sesi 3

Harapan hasil dari seminar ini bisa memperkaya wawasan peserta terkait dengan industri Cloud Computing sebagai infrastruktur Ekonomi Digital dan juga infrastruktur untuk industri 4.0, dan perlunya dunia pendidikan untuk menyiapkan SDM yang siap pakai untuk mendukung industri ini serta bagaimana peranan pemerintah untuk mendukung hal tersebut. 

ACCI berharap kegiatan ini akan semakin melibatkan banyak pihak untuk berperan aktif mengembangkan industri Cloud Computing dan bagaimana menyiapkan SDM pendukungnya” kata Ketua Umum ACCI Alex Budiyanto, di Jakarta, Selasa (10/04/18).

Sebagian dokumentasi foto dari acara tersebut, bisa dilihat di halaman ini, sedangkan untuk materi presentasi seluruh pembicara bisa dilihat dan didownload lewat halaman berikut. Akhir kata, terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung berlangsungnya acara ini, sehingga acara ini bisa berlangsung dengan baik, dan sampai jumpa di acara kami berikutnya. 

  • Author: Asosiasi Cloud Computing Indonesia

Acara Terbaru

Singapore Fintech Festival 2018

  • Nov 12, 2018
  • Singapore

Making Indonesia 4.0 Conference

  • Oct 24, 2018
  • DKI Jakarta

Microsoft Solution Warehouse 2018

  • Sep 25, 2018
  • DKI Jakarta

CIIP ID Summit 2018

  • Sep 19, 2018
  • Bali

Twitter