Kamis, 14 Desember 2017

Struktur Organisasi ACCI

Berikut ini adalah susunan Dewan Pembina, Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus Asosiasi Cloud Computing Indonesia tahun 2017 - 2022:

Dewan Pembina

Alexander Rusli

Alexander Rusli, Ph.D - PT Indosat Tbk

Nama Alexander Rusli sudah tidak asing lagi dalam ranah teknologi komunikasi di Indonesia. Ia kini menduduki posisi sebagai Direktur Utama sekaligus CEO PT Indosat Tbk sejak 2012. Selain itu, ia pernah menempati posisi komisaris di PT Tugu Pratama Indonesia dan Managing Director Northstar Pacific, sebuah Private Equity Fund yang berfokus pada kesempatan investasi di Indonesia. Penyandang gelar PhD dari Curtin University of Technology, Australia ini juga pernah merasakan bekerja di kementerian. Kala bekerja sebagai staf ahli di Kementerian BUMN, tak tanggung-tanggung Alex diberi tugas mengawasi 140 BUMN dan lebih dari 500 anak perusahaan.

Budi Rahardjo

Gunawan Susanto - PT. IBM Indonesia

Gunawan Susanto saat ini menjabat sebagai President Director IBM Indonesia. Lulusan Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan memulai kariernya di IBM Indonesia sejak tahun 2000 sebagai management trainee. Pada tahun 2007, diangkat menjadi Regional Product Manager for System i untuk wilayah ASEAN. Di tahun 2008 hingga 2010,  menjabat sebagai System Sales Manager for Enterprise/STG Sector. Kemudian pada tahun 2010 diangkat menjadi Country Manager untuk Business Partner Organization. Pada tahun 2012, dipercaya memimpin divisi perangkat keras IBM sebagai Country Manager Systems & Technology Group. dan pada tahun 2014,  diangkat sebagai Presiden Direktur IBM Indonesia.

Eko Kuswardono Budiardjo

Dr. Ir. Eko Kuswardono Budiardjo, M.Sc - Universitas Indonesia

Eko Kuswardono Budiardjo adalah dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dan juga Ketua Umum Ikatan Pengguna Komputer Indonesia (IPKIN).  Pada tahun 2015, diminta oleh Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia sebagai Ketua Perumus Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) kategori informasi dan komunikasi golongan pokok kegiatan jasa informasi bidang Cloud Computing.  

Budi Rahardjo

Ir. Budi Rahardjo M.Sc,Ph.D - Institut Teknologi Bandung

Budi Rahardjo berprofesi sebagai Dosen, praktisi IT dan ahli keamanan informasi. Technopreneur, penulis, peneliti, pembicara, konsultan information security, blogger, rocker, itulah beberapa profesi yang dilakoni. Dengan gayanya yang khas, dosen Teknik Elektro ITB ini turut memberikan kontribusi untuk perkembangan dan kemajuan teknologi informasi di Indonesia.

Wicaksono / Ndorokakung

Wicaksono / Ndorokakung

Wicaksono / Ndorokakung adalah seorang blogger dan mantan jurnalis. Sebagai jurnalis, kariernya dimulai pada 1990 sebagai wartawan majalah Mode Indonesia. Setelah sempat menjadi redaktur di harian Media Indonesia pada tahun 2004-2008, beliau kemudian menjadi Redaktur Utama Koran Tempo, Editor in Chief Plasa MSN dan Chief Editor di Beritagar. Sekarang beliau menjadi Advisor di Maverick Communication.

Shinta Witoyo Dhanuwardoyo

Shinta Witoyo Dhanuwardoyo

Shinta Witoyo Dhanuwardoyo, yang juga dikenal dengan nama Shinta Bubu adalah pengusaha Indonesia, pegiat digital, angel investor, dan pendiri digital marketing agency Bubu.com. Shinta juga memprakarsai ajang Bubu Awards, sebuah ajang penghargaan bagi pegiat digital di Indonesia dan IDByte, ajang konferensi, seminar, dan kompetisi yang ditujukan untuk industri teknologi di Indonesia. Shinta juga merupakan Ketua Komite Tetap Bisnis Digital, E-commerce, dan Pengembangan Startup, di KADIN. Shinta juga sempat menjadi CEO Plasa.com, salah satu anak perusahaan digital Telkom, dan salah satu e-commerce pertama di Indonesia. Ia berhasil membawa E-bay sebagai partner bagi Plasa.com. Selain itu, Shinta juga merupakan founder dari Angel eQ Investor Network, VCNetwork.co, dan Silicon Valley Asia Technology Alliance (SVATA), yang merupakan inisiatifnya untuk memperkuat dan mengembangkan ekosistem startup di Indonesia.

Eunice Sari

Dr Eunice Sari

Eunice Sari adalah Co-Founder dan Principal UX Consultant dari UX Indonesia sejak tahun 2002. Memiliki pengalaman lebih dari 15+ tahun sebagai akademisi dan juga pelaku industri. Sebagai Ahli UX (User Experience) dan CX (Computer Interaction) terkemuka di Asia Tenggara, dia terpilih sebagai Google Expert wanita pertama di Indonesia. Dia turut mendirikan dan sebagai Ketua Umum ACM SIGCHI Indonesia (Association Computing Machinery Special Interest Group on Computer-Human Interaction a.k.a CHI UX Indonesia), dan kemudian Asosiasi Interaksi Digital Indonesia (PIDI).

Nukman Luthfie

Nukman Luthfie

Nukman Luthfie dianggap sebagai salah satu pengusaha Internet marketing terbaik yang ada di Indonesia.  Lulusan Teknik Nuklir Universitas Gadjah Mada ini memiliki ketertarikan dalam bidang Teknologi Informasi dan Bisnis sejak awal-awal munculnya Internet di Indonesia di tahun 1994. Nukman memulai karir dari mengurusi web Agrakom, hingga akhirnya menjadi Direktur Internet Service. Saat Agrakom melahirkan Detik.com pada tahun 1998, Nukman dipercaya untuk memegang pemasaran dan menjadi Direktur Pemasaran, yang kemudian merangkap sebagai Direktur IT. Pada 24 Januari 2003, Nukman melahirkan Virtual Consulting. Tujuh tahun memegang posisi sebagai CEO, Nukman mengundurkan diri mulai 24 Januari 2011. Saat ini, Nukman mengembangkan Jualio.com bersama anak-anak muda berbakat di dunia digital, sambil menggeluti media sosial yang sangat ia sukai.


Dewan Pengawas

Soegiharto Santoso

Soegiharto Santoso (Ketua)

Soegiharto Santoso (Hoky) adalah Komisaris PT. Masterdata Digital Cyberindo, menjabat sebagai Ketua Umum DPP APKOMINDO (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia) dan juga merupakan pendiri & Ketua Umum DPP APTIKNAS (Asosiasi Pengusaha TIK Nasional). Pendiri dan sekaligus Ketua LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Komputer, dan juga pendiri & Ketua Dewan Pembina KOMISI (Komunitas Sales Indonesia), pada tahun 2017 ikut mendirikan dan sekaligus sebagai Ketua Dewan Pengawas ASISINDO (Asosiasi Sistem Integrator & Sekuriti Indonesia).

I Made Wiryana

Dr. I Made Wiryana

I Made Wiryana adalah dosen Universitas Gunadarma, dan menjabat sebagai Koordinator Kerjasama Luar Negeri Universitas Gunadarma. Mewak­ili IPKIN (Ikatan Pengguna Komputer Indonesia) dalam kelom­pok kerja Stan­dard­is­asi Pro­fesi TI untuk Asia Pasi­fik (SEARCC) dan juga anggota Perumus Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) kategori informasi dan komunikasi golongan pokok kegiatan jasa informasi bidang Cloud Computing.

Harry Sufehmi

Harry Sufehmi

Harry Sufehmi adalah IT Infrastructure Architect untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan juga pendiri Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI) . Pendiri & Sistem Analis AhadPOS, Software POS (Point Of Sale) / kasir, dengan lisensi Open Source.  Ikut mendirikan  Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax yaitu forum untuk meluruskan semua informasi hoax dari berbagai bidang. Pernah menjadi Senior Analis untuk Birmingham City Council  dan juga pernah menjadi Head of IT Asuransi Takaful Keluarga.


Dewan Pengurus

Alex Budiyanto

Alex Budiyanto (Ketua)

Alex Budiyanto mendirikan Komunitas Cloud Computing Indonesia (CloudIndonesiA) pada 23 April 2012 yang merupakan cikal bakal dari Asosiasi Cloud Computing Indonesia. Pernah bekerja sebagai Education & Community Manager di Sun Microsytems yang salah satu prestasinya adalah menjadikan komunitas Sun Microsystems di Indonesia sebagai yang terbesar di Asia Pacific. Aktif di berbagai komunitas IT di Indonesia seperti Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI), Microsoft User Group Indonesia (MUGI), Java User Group Indonesia (JUGI) dsb. Pernah menjadi Microsoft Student Partner, Microsoft Student Ambassador dan Nokia Developer Champion. 

Fanky Christian

Fanky Christian (Sekretaris)

Fanky Christian adalah direktur PT. Daya Cipta Mandiri Solusi, saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Asosiasi Integrator dan Sekuriti Indonesia (ASISINDO) dan juga Ketua DPD DKI Jakarta Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi Nasional (APTIKNAS). 

Taufik Hidayat

Taufik Hidayat (Bendahara)

Taufik Hidayat adalah Komisaris & BPH STMIK Islam Internasional, pernah menjabat sebagai Ketua STMIK Mahakarya dan anggota APTISI 3 Bidang Sistem Informasi, serta Ketua DPW Jakarta Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAIJ). Selain di dunia pendidikan, saat ini juga menjabat sebagai pendiri dan CEO PT. Humanindo Tech Indonesia dan CEO PT. Humanindo Karya Sakti (Lembaga Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi) dan juga menjadi pendiri sekaligus Dewan Pengarah LSP Informatika Dijital Nusantara. (IDN

Untuk kepengurusan lainnya dan juga badan/organ Asosiasi lain akan ditetapkan kemudian

Acara Terbaru

Cyber Security Indonesia 2017

  • Dec 06, 2017
  • DKI Jakarta

ID Byte 2017

  • Sep 26, 2017
  • DKI Jakarta

Twitter